Eminem


Marshall Bruce Mathers III (lahir 17 Oktober 1972), dikenal secara professional sebagai Eminem (sering ditulis bergaya sebagai EMINƎM), adalah seorang rapper, penulis lagu, produser rekaman, eksekutif rekaman dan aktor berkebangsaan Amerika Serikat.

Eminem merupakan artis dengan penjualan terlaris ditahun 2000-an di Amerika Serikat . Sepanjang kariernya, dia telah mempunyai album nomor satu di Billboard 200 dan lima single nomor satu di Billboard Hot 100. Dengan lebih dari 47.4 juta album dan 107.5 juta single terjual di AS dan 220 juta rekaman secara global, dia merupakan salah satu dari artis dengan penjualan terlaris diseluruh dunia dan dinyatakan sebagai salah satu artis terbaik dan paling berpengaruh dalam sejarah musik. Dia merupakan satu-satunya yang mempunyai delapan album berturut-turut yang debut dinomor satu di Billboard 200. Rolling Stone menempatkannya diposisi ke 12 di daftar 100 Artis Terbaik Sepanjang Masa, menyebutnya sebagai "King of Hip Hop".


Setelah album debutnya Infinite (1996) dan kemudian Slim Shady EP (1997), Eminem dikontrak oleh Aftermath Entertainment milik Dr.Dre dan secara cepat mendapat popularitas pada tahun 1999 dengan The Slim Shady LP, yang membuatnya menerima Grammy Award for Best Rap Album pertamanya. Dua album selanjutnya, ditahun 2000 berjudul The Marshall Mathers LP dan ditahun 2002 berjudul The Eminem Show, memperoleh sukses diseluruh dunia, dengan sertifikasi berlian dipenjualan A.S. dan kedua album ini memenangkan Best Rap Album Grammy Awards—membuat Eminem menjadi artis pertama yang memenangkan penghargaan ini untuk tiga albumnya secara berturut-turut. Albumnya kemudian diikuti oleh Encore pada tahun 2004, kembali mendapat sukses kritis dan komersial. Eminem mengambil cuti setelah tur pada tahun 2005, merilis Relapse pada tahun 2009 dan Recovery pada tahun 2010. Kedua album ini memenagkan Grammy Awards dan Recovery merupakan album terlaris pada tahun 2010 diseluruh dunia, kali kedua dia mempunyai album dengan penjualan terlaris diseluruh dunia (setelah The Eminem Show). Album kedelapan Eminem, ditahun 2013 The Marshall Mathers LP 2, memenangkan dua Grammy Awards, termasuk Best Rap Album; hal ini membuatnya memegang rekor sebagai orang yang paling banyak menang dikategori itu dan total Grammynya adalah 15. Pada tahun 2017, dia merilis album studio kesembilannya, Revival. Pada tanggal 31 Agustus 2018, Eminem merilis album studio kesepuluhnya, Kamikaze, di layanan pendengar daring Apple Music, Spotify, dan Amazon Music.


Music List

Post a Comment

0 Comments